Skip to main content

Lapangan Banteng Jakarta Sekarang, Makin Ciamik Gan...

Lapangan Banteng sebenarnya hanya beberapa meter saja dari kantor tempat saya bekerja. Namun, meskipun dekat bukan berarti setiap hari saya bisa ke lapangan banteng. Hanya waktu tertentu saja saya sempatkan untuk jalan melewati Taman Kota nyentrik ini. Misalkan ketika sedang bosan pake ojek ke stasiun juanda, saya pikir dengan jalan kaki dari kantor ke stasiun juanda bisa menghadirkan suasana baru yang menyenangkan dan menyegarkan. Atau saat uang dikantong tidak cukup untuk naik ojek atau bajaj, sementara saya lupa juga membawa ATM, tentu jalan kaki bisa jadi pilihan. Tapi seringnya sih ketika waktu antara jam absen sore dengan waktu maghrib berjarak antara 15 s.d. 25 menit, saya lebih memilih untuk berjalan kaki ke stasiun dengan rute paling dekat adalah melewati lapangan banteng.

Mungkin bagi beberapa orang, jalan-jalan ke lapangan banteng itu hal yang biasa saja, bahkan ada yang menganggapnya norak. Saya pikir sih, silahkan saja berpendapat demikian yang penting tidak mempengaruhi orang lain untuk berpendapat yang sama, biarkan orang lain memiliki pendapatnya sendiri. Kalau saya mah, enjoy enjoy walaupun itu setiap hari.
lapangan banteng jakarta Indonesia

Tugu Pembebasan Irian Barat adalah ikon yang tersemat dari Lapangan Banteng. Monumen ini menjulang tinggi sekitar 25 meter dari permukaan tanah. Sementara pada bagian atas terdapat patung seorang laki-laki yang tampak terbebas dari jerat rantai di tangan dan kaki yang menjadi simbol terbebasnya masyarakat Irian Barat dari penjajahan Belanda. Monumen pembebasan Irian Barat di resmikan oleh Presiden I RI, Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1963.

Lokasi Lapangan Banteng

Lapangan Banteng, adalah sebuah Taman Kota beneran karena letaknya berada di tengah tengah kota Jakarta Pusat. Diapit oleh Jalan Lapangan Banteng di keempat sisinya yang berbentuk segi empat. Lokasinya sangat strategis, dikelilingi oleh banyak kantor pemerintah seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, Kemenko Perekonomian, Pertamina, Kantor Pos Pusat, hotel bintang 5, Masjid Legendaris Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan lain-lain.

Saya bagikan juga petanya di atas biar memudahkan siapapun pengunjung blog ini yang ingin ke lokasi. Kalau kita lihat peta google map, tempatnya tidak jauh jauh amat dari Monas. Jalan kaki dari Monas ke Lapangan Banteng juga tidak lama.

Angkutan Umum ke Lapangan Banteng

Karena berada di jalan utama kota Jakarta Pusat, akses menuju Lapangan terbilang sangat mudah. Bisa menggunakan kendaraan umum seperti metromini, kopaja, KRL, Bis Trans Jakarta, bis tingkat wisata, mikrolet, bajaj dan ojek. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, anda bisa menitipkan diparkiran di sebelah barat luar yang bersebrangan dengan masjid istiqlal. Kalau menggunakan mobil pribadi, biasanya akan diarahkan untuk parkir di sisi selatan yang bersebrangan dengan Hotel Borobudur.
map lapangan banteng jakarta

Kalau anda dari Bogor mau ke lapangan Banteng, kami sarankan untuk menggunakan KRL. Karena dengan KRL Jurusan Jakarta Kota/ Beos, anda bisa turun di Stasiun Juanda. Kemudian melanjutkan jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi. Baca juga artikel saya sebelumnya yaitu Stasiun KRL terdekat Monas, anda bisa mengikuti petunjuknya, hampir sama kok.

Kalau dari Kampung Melayu bisa menggunakan angkutan umum warna biru muda Mikrolet 01. Trayeknya lewat langsung disebelah pojok selatan lokasi, sehingga ketika turun anda sudah bisa langsung ke lokasi.

Apa Yang Istimewa Dari Lapangan Banteng Sekarang

Bagi anda yang belum pernah ke Lapangan Banteng Jakarta atau bagi anda yang tahunya hanya versi beberapa tahun lalu, pasti akan terkagum-kagum kalau sekarang datang kesana. Karena kondisi dan suasananya sudah sangat berubah dan pasti tidak akan menyesal mampir ke Lapteng. Kalau dulu  terkesan semrawut, penataan kurang baik, banyak sampah, kurang rapi, banyak pedagang. Kalau Sekarang, banyak sekali perubahannnya.

SETELAH REVITALISASI

Sejak dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah DKI Jakarta dan diresmikan pada tahun 2018 lalu, terjadi perubahan yang sangat signifikan pada tata pertamanan di Lapangan Banteng. Rumput-rumput terlihat begitu hijau dengan banyak tanaman bunga dimana-dimana. Cocok banget buat anda yang suka fotografi. Pada sisi selatan pintu masuk utama Lapangan Banteng, juga ditanami pohon kurma yang menjulang cukup tinggi dengan dedaunan yang selalu rimbun. Di spot ini makin terlihat menarik ketika malam hari karena penambahan lampu tembak untuk setiap pohon kurma.
tempat wisata jakarta lapangan banteng

Hal yang paling terlihat pada new reborn of Lapangan Banteng adalah adalah adanya kolam yang cukup besar yang terbagi menjadi dua sisi, barat dan timur dengan bagian tengah terdapat hamparan berbentuk persegi panjang yang biasanya untuk panggung. Kolam ini berada di sisi sebelah selatan Tugu Pembebasan Irian Barat. yang dikelilingi oleh kursi penonton yang berbentuk theater pada sisi selatan kolam. Paling istimewa dari kolam ini adalah penampilan perjunjukan air mancur bergoyang yang bisa disaksikan setiap malam minggu secara gratis di lapangan banteng.

Di banyak sudut di dalam taman, terdapat tempat duduk yang memang disediakan untuk para pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan di taman kota sehingga para pengunjung akan lebih nyaman berlama-lama disana. Kalau mau berolahraga misalkan lari pagi, jalan sehat, para pengunjung bisa memanfaatkan trek lari/ jalan yang ada di dalam taman maupun diluar taman.
tempat bermain anak di lapangan banteng

Bisa juga memanfaatkan trek lari yang ada di luar lapangan bola. Kalau mau main bola, basket bisa memanfaatkan lapangan yang ada di sana. Tapi biasanya untuk menggunakan lapangan sepakbola dan basket di lapangan banteng harus membooking terlebih dahulu.
Arena bermain anak di lapangan banteng

Taman Kota Lapangan Banteng Jakarta tidak hanya ramah untuk para pengunjung dewasa, untuk anak anak pun tersedia arena play ground gratis sebagai arena bermain untuk anak-anak. Arena bermain anak lapangan banteng ini berada di arena terbuka sehingga sangat mudah menemukannya. Tepatnya diantara lapangan Bola dan Basket. Meskipun berdekatan dengan langangan bola dan basket, tapi tetap aman kok untuk anak-anak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar