--> Skip to main content

Cara ke Kebun Binatang Ragunan Naik KRL, Bus Way (Trans Jakarta) dan MRT

Cara ke Kebun Binatang Ragunan Naik KRL, Bus Way (Trans Jakarta) dan MRT. Salah satu destinasi paling populer di Jakarta bagi wisatawan lokal Jakarta dan luar Jakarta maupun wisatawan internasional adalah Kebun Binatang Ragunan. Disamping harga tiket yang tergolong murah, suasana di Ragunan juga sangat mendukung untuk memanjakan keluarga. Pepohonan yang rindang, udara segar, tempat yang luas, juga banyak wahana untuk anak-anak. Disamping itu, ragunan juga menyajikan wisata yang lain yaitu kita bisa melihat dari dekat hewan asli Indonesia maupun mancanegara. 

Meskipun Ragunan terkenal, ternyata masih ada yang belum tahu cara pergi ke Ragunan baik menggunakan KRL, Bus Way dan MRT. Untuk itu pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda cara ke kebun binatang Ragunan menggunakan KRL, Bus Way dan MRT.

cara ke ragunan naik krl, bus way dan mrt

Cara ke Ragunan dengan KRL

Hal yang perlu diingat adalah sampai saat ini belum tersedia stasiun KRL Ragunan atau jalur KRL yang melewati Ragunan. Hanya saja ada stasiun KRL yang lokasinya relatif dekat dengan Ragunan, namun masih harus menyambung lagi dengan moda transportasi lainnya. Meskipun nyambung menyambung, setidaknya jika menggunakan KRL lebih menghemat jarak juga menghemat biaya.

Stasiun KRL yang dekat dengan Kebun Binatang Ragunan Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Tanjung Barat. Kedua stasiun tersebut berada pada Jalur Jakarta Kota-Depok-Bogor dan Sebaliknya. Jadi kalau anda mau ke Ragunan menggunakan KRL, pilihlah KRL yang menuju ke Bogor kemudian turun di Stasiun Pasar Minggu atau Tanjung Barat, jika anda berasal dari Jakarta, Bekasi atau Tangerang. Namun Jika anda berasal dari Bogor atau Depok, satu-satunya pilihan adalah KRL Rute Jakarta Kota, kemudian turun diantara 2 stasiun itu.

Stasiun Pasar Minggu

Kalau anda turun di Stasiun Pasar Minggu, anda bisa melanjutkan ke Kebun Binatang Ragunan hanya dengan sekali naik angkutan yaitu dengan angkutan S15A. 

Stasiun Tanjung Barat

Jika dari stasiun Tanjung Barat, anda bisa melanjutkan dengan menggunakan Trans Jakarta atau Bus Way. Caranya anda cukup keluar dari stasiun Tanjung Barat keluar ke Pintu Barat kemudian berjalan melewati Jembatan Penyebarangan. Selanjutnya anda turun dari jembatan penyebarangan dan menuju ke halte bus transjakarta Pengumpan Tanjung Barat, naik Bus dengan kode D21 jurusan UI - lebak bulus tarifnya sekitar Rp 3.500. 

Anda turun di halte pengumpan pertanian, haltenya beda dengan halte bus trans jakarta biasanya ya. Kemudian anda jalan kaki sebentar ke arah barat, lalu jika anda melihat halte bus way Departemen Pertanian, anda harus menyeberang untuk ke halte bus way itu. Anda tinggal naik sekali lagi dengan bus way jurusan Ragunan.

Jika anda tidak mau ribet, anda bisa turun di stasiun pilihan anda dan melanjutkan dengan naik ojek online.

Cara ke Ragunan Naik Busway (TransJakarta)

Bagi yang lokasinya tidak memungkinkan menggunakan KRL tapi dekat dengan halte bus way, anda bisa menggunakan bus way ke Kebun Binatang Ragunan. Saat ini cukup banyak rute atau koridor bus way yang melayani hingga Ragunan yaitu:

  • Koridor 4H: Bus TransJakarta Pulogadung-Ragunan
  • Koridor 13D: Bus TransJakarta Puri Beta Ciledug-Ragunan
  • Koridor 6: Bus TransJakarta Tosari-Ragunan
  • Koridor 6A: Bus TransJakarta Monas (via Kuningan)-Ragunan
  • Koridor 6B: Bus TransJakarta Monas (via Semanggi)-Ragunan

Cara ke Ragunan Naik MRT

Selain KRL, Bus Way, ada juga MRT yang lokasi stasiun terakhir di Fatmawati yang dekat dengan Ragunan. Tapi ya tetap harus melanjutkan dengan transportasi lainnya seperti ojek online.

Kira-kira pilih mana, KRL, Bus Way atau MRT? 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar