--> Skip to main content

Cara Naik KRL ke Monas Jakarta Terbaru di Tahun 2022

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan Monas adalah destinasi terpopuler di Jakarta. Orang belum dikatakan pernah ke Jakarta jika belum pernah pergi ke Monas. Monas yang terletak di Jakarta Pusat di daerah Gambir ini berada di tengah jalan Medan Merdeka. Ada banyak cara untuk sampai ke Monas, bisa dengan naik angkutan umum seperti Bis Trans Jakarta, Bajaj, Metro Mini, atau dengan KRL.

Meskipun Monas berbatasan langsung dengan Stasiun Gambir sebagai salah satu stasiun terbesar di Jakarta, namun ternyata saat ini KRL tidak berhenti di Stasiun Gambir. Mungkin setelah pembangunan Stasiun Manggarai selesai sekitar tahun 2023 atau 2024, stasiun Gambir bisa melayani turun naik penumpang KRL. Pasti seru sih kalau penumpang KRL bisa naik turun penumpang di Stasiun Gambir seperti dulu lagi.
Cara Naik KRL ke Monas


Kami juga pernah mengulas pada postingan Stasiun KRL terdekat Monas Agar Mudah Jalan Kaki, namun mulai bulan Juni 2022 ini ada perubahan yang cukup signifikan pada jalur KRL Jakarta dan sekitarnya sehingga kami memberikan informasi lebih lanjut menganai Cara Pergi ke Monas Menggunakan KRL di Tahun 2022 ini.

Perubahan Jalur atau Rute KRL Mulai Juni 2022

Hal yang paling mendasar kenapa pergi Monas menggunakan KRL tidak seperti dulu lagi? Ini tidak lepas dari perubahan rute KRL yang baru-baru ini terjadi. Perubahan Rute ini dikarenakan adanya pembangunan di Stasiun Manggarai. Sebagaimana kita tahu, kalau Stasiun Manggarai merupakan salah satu pusat pertemuan KRL dan Kereta Jarak Jauh dari berbagai Rute. Seperti Jalur dari atau ke Bekasi lewat Manggarai, Jalur dari atau ke Bogor/ Depok lewat Manggarai.

Kalau sebelum Juni 2022, dari Bekasi bisa langsung ke Jakarta Kota, sekarang penumpang harus turun dulu di Manggarai sebab dari Bekasi atau Cikarang sekarang tidak bisa ke Jakarta Kota tapi ke Angke yang beda jalur dengan Jakarta Kota. Kalau dari Bogor atau Depok bisa langsung ke Jakarta Kota.

Untuk Jalur KRL lain seperti Duri dari atau ke Tangerang dan Tanah Abang dari atau ke Serpong, Rangkas Bitung, Parung Panjang tidak ada perubahan. Namun begitu ketika akan ke Bogor atau ke Bekasi Cikarang perlu menyesuaikan diri.

Cara Pergi Ke Monas Naik KRL Mulai Juni 2022

Setelah kita tahu ada perubahan pada Jalur KRL, bagi kalian yang ingin pergi Monas, perlu memperhatikan lagi nih jalur KRL terbaru terutama jalur dari Bogor dan Bekasi. Jalur paling enak ke Monas adalah dari Bogor dan Depok. Karena mereka yang dari Bogor atau Depok bisa langsung ke Stasiun terdekat Monas seperti Stasiun Juanda dan Stasiun Gondangdia tanpa perlu berganti kereta.

Apakah dari stasiun KRL terdekat ke Monas masih bisa jalan kaki? Kalau menurut kami, bisa tapi menjadi lebih jauh dan cukup melelahkan. Kalau dulu stasiun yang paling dekat dan bisa jalan kaki adalah dari stasiun Juanda. Namun karena jembatan penyeberangan dari Stasiun Juanda ke Masjid Istiqlal dibongkar karena ada perbaikan halte trans Jakarta, sebaiknya diurungkan dulu kalau mau jalan kaki ke Monas lewat stasiun Juanda.

Kalian bisa menggunakan Bajaj disekitar Juanda ke Monas atau bisa juga Ojek motor atau mobil ke Monas. Jika dari Stasiun Gondangdia, anda bisa menggunakan bajaj, ojek motor atau mobil atau dengan metro mini. Jarak yang cukup lumayan jauh sekitar 4,5 km sepertinya pas kalau digunakan untuk jalan-jalan pagi di hari libur.

Kalau mau ke Monas dari Bekasi atau Cikarang menggunakan KRL, anda bisa transit di stasiun manggarai kemudian berpindah naik ke lantai atas untuk menuju jalur 12 atau 13 arah ke Stasiun Jakarta Kota kemudian turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda.

Kalau dari Tangerang harus transit dua kali jika menggunakan KRL yaitu di stasiun Duri berpindah ke KRL  arah bekasi kemudian transit lagi di Stasiun Manggarai berpindah jalur ke jalur 12 atau 13 di lantai Atas stasiun Manggarai selanjutnya turun di Stasiun Juanda atau Gondangdia.

Kalau dari Serpong, Rangkas Bitung, Parung Panjang, bisa turun di Stasiun Tanah Abang berpindah ke arah Bekasi dan turun di Manggarai kemudian pindah ke Arah Jakarta Kota turun di Juanda atau Gondangdia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar