--> Skip to main content

Stasiun KRL Terdekat Monas Agar Mudah Jalan Kaki

Halo para pemirsa blog www.masirul.web.id, ini adalah posting pertama di blog ini. Sebenarnya stasiun terdekat Monas adalah Stasiun Gambir, tapi saat ini gambir tidak dipergunakan lagi untuk pemberhentian KRL. Sejak pertengahan tahun 2012 lalu, PT. KAI melakukan pengaturan ulang jadwal kereta api dan KRL di stasiun kereta api, salah satunya Stasiun Gambir yang hanya digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh. Dengan begitu, penumpang KRL yang ingin ke sekitar Gambir, termasuk Monas, paling mudah berhenti sebelum stasiun gambir yaitu Stasiun Gondangdia atau setelah stasiun Gambir yaitu Stasiun Juanda.
ke Monumen Nasional Jakarta pake KRL

Bagi pengguna KRL yang ingin jalan-jalan ke Monas, kalau KRL bisa berhenti di Gambir, pasti akses menuju Monas akan menjadi lebih mudah. Kalau KRL berhenti di Gambir, pengguna KRL bisa langsung keluar stasiun Gambir melalui pintu masuk motor mobil arah dari Medan Merdeka dengan jalan kaki. Apalagi Stasiun Gambir dan Monas bersebelahan, pengunjung Monas tinggal lompat saja dari Stasiun Gambir sudah sampai.

Namun karena Stasiun Gambir sudah ditutup untuk Pengguna KRL, ya paling enak berhenti di sekitaran Gambir. Kalau mau jalan kaki ke Monumen Nasional, menurut saya paling dekat berhenti di Stasiun Juanda. Dengan jarak 1,3 km bisa ditempuh dalam waktu 16 menit menurut google map. Bisa juga berhenti di Stasiun Gondangdia, namun jaraknya 1,8 Km menurut google map, waktu tempuh lebih lama sedikit, sekitar 18 menit.

Stasiun Terdekat Monas Dari Bogor/ Bekasi

Kalau anda dari Bogor atau Bekasi mau ke Monas, akses paling mudah adalah dengan menggunakan KRL. Dari stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggode, atau Citayam bisa naik KRL Jurusan Jakarta Kota, kemudian turun di stasiun Gondangdia.  Begitupun dari Bekasi, Kranji, Cakung, bisa berhenti di Gondangdia. Dari Gondangdia kemudian lanjut dengan jalan kaki. Tapi jalan kaki pasti akan cukup menghabiskan tenaga karena jaraknya yang cukup jauh, 1,8 km. Apalagi jika siang hari tentu bukan waktu yang pas untuk jalan kaki.

Stasiun Terdekat Monas Agar bisa Jalan Kaki

Kalau tidak sanggup jalan kaki, dari Gondangdia ke Gambir bisa menggunakan bajaj biru, atau ojek. Kalau mau menggunakan ojek online seperti grab atau gojek, biasanya para abang-abangnya sudah berjajar di sekitaran stasiun. Taksi pun sering lalu lalang di seputaran stasiun, akan sangat memudahkan anda yang akan menggunakan taksi ke monas.

Kalau menurut kami jika ingin jalan kaki ke Monas dari stasiun KRL, stasiun Juanda lah pilihannya. Karena anda bisa jalan kaki dari stasiun Juanda, kemudian melewati jembatan penyeberangan melewati jalan Juanda di dua arahnya. Setelah itu anda jalan kaki lagi melalui jalan di belakang Masjid Istiqlal yang rimbun meskipun di siang hari panas karena di samping jalan berjajar pohon pohon yang cukup rindang. Setelah berada di ujung jalan belakang Istiqlal, anda bisa menyeberang di jalan satu arah yang langsung berada di ujung utara monas. Jika beruntung, pintu Monas dibuka.

Cara mengetahui dibuka atau tidak, anda bisa mengeceknya ketika masih berada di dalam KRL dan kereta mengarah ke Juanda dari Gondangdia. Anda bisa melihat apakah pintu Monas pada ujung utara dibuka atau tidak. Jika memang dibuka, berarti jalan kaki bisa menjadi pilihan. Kalau ditutup, anda bisa memutuskan, apakah mau jalan kaki atau tidak.

Stasiun Terdekat Monas Dari Tangerang

Kalau anda pengguna KRL dari Parung, Tangerang atau Bintaro bisa berhenti di stasiun pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Tanah Abang. Dari stasiun Tanah Abang bisa menggunakan transportasi lain seperti ojek dan bajaj. Tapi kalau anda mau jalan kaki, bisa melanjutkan perjalanan anda dari stasiun Tanah Abang, kemudian naik KRL jurusan Bogor lalu berhenti di Stasiun Manggarai. Dari Manggarai anda bisa naik KRL lagi jurusan Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Setelah itu anda bisa jalan kaki ke Monas.

Update Sehubungan dengan Perubahan Jalur KRL mulai Juni 2022 di artikel ini: Cara ke Monas Menggunakan KRL.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar