--> Skip to main content

The Forest Island, Kolam Renang Favorit Keluarga di Purwokerto

Salah satu tempat favorit yang harus dikunjungi ketika libur adalah kolam renang. Renang bukan hanya untuk berolahraga, tetapi juga sebagai salah satu sarana untuk membahagiakan keluarga, terutama anak. 

Tampaknya perlu sekali kami bagikan informasi untuk anda mengenai kolam renang favorit di Purwokerto yang dilengkapi dengan berbagai wahana seperti Waterboom, kolam busa, kolam anak balita dan wahana lainnya.


Meskipun sehari-hari tidak di Purwokerto, tapi sedikit banyak tahu lah dimana saja tempat wisata air, terutama kolam renang yang bisa menjadi alternatif hiburan di akhir pekan. Bukan hanya di akhir pekan sebenarnya, justru di hari hari biasa, lokasi wisata cenderung lebih sepi dan sangat memungkinkan untuk menjaga jarak satu dengan yang lain.

The Forest Island, Kolam Renang Paling Populer di Purwokerto

Kolam renang yang baru saja kami kunjungi Bersama keluarga adalah The Forest Island. Kunjungan kali ini adalah kunjungan yang kedua, sebelumnya kami pernah kesana kurang lebih setahun yang lalu. Meskipun baru satu tahun, ternyata sudah banyak berubah. Kalau dulu tempat parkir mobil dan motor masih menjadi satu, sekarang sudah dipisah, motor diselatan area the forest, sementara mobil di depan the forest. Begitu juga dengan tempat pembelian tiket, kalau dulu berada di depan, sekarang pembelian tiket berada di dalam.

Lokasi dan akses

Untuk menemukan lokasi the forest island, cukup mudah. Lokasi nya berada di sisi sebelah jalur Purwokerto Baturaden dan terpampang jelas tulisan The Forest. Awal kami berkunjung, namanya masih the forest, tapi baru berubah nama beberapa waktu terakhir menjadi The Forest Island.

Lokasi tepatnya di desa Pandak, berada di depan wisata the Village. 

Untuk menuju ke kolam renang the forest anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kalau arah dari Purwokerto, Purbalingga, Cilacap bisa melalui jalur menuju Baturaden. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan arah ke Baturaden.

Berbagai Wahana Yang Ada

Salah satu kolam renang yang perlu anda kunjungi bersama keluarga adalah the village. Kolam renang ini belum lama berdiri, awalnya sih hanya beberapa kolam renang saja, tapi sekarang sudah banyak. 

Kolam Anak

Ada kolam renang khusus anak yang disertai dengan banyak permainan seru, ada perosotan, terowongan, siram ember, rumah jamur. Selain itu, ada juga wahana mandi busa, bukan bisa sabun biasa loh, tapi sabun khusus supaya Dimata dan kulit tetap aman. Karena kolamnya dangkal, hanya seukuran  dibawah paha orang dewasa, dan kolam busa sekitar di atas mata kaki sedikit, buat anak- anak khususnya balita, bisa juga nih main di dua kolam tadi. Tentu saja dengan orang tua pendamping, jangan sendirian, bahaya loh.

Untuk anak anak yang lebih besar, ada juga loh kolam renang yang pas buat mereka. Kolamnya sedang, tidak dalam juga tidak dangkal. Sekitar dada atau perut orang dewasa. 

Kolam ini juga dilengkapi perosotan yang cukup tinggi, perosotan langsung atau menggunakan ban juga bisa. Buat anak kecil, kalau punya keberanian bisa juga sih. Tapi saran saya, jangan memaksa balita naik perosotan dewasa ini ya, meskipun dengan pendamping, kasihan bisa ketakutan nantinya.

Buat orang orang dewasa, disediakan dua kolam renang khusus, yang satu kedalaman sedang, yang satunya lagi cukup dalam. Silahkan nih kalau mau berenang di dua kolam ini pasti seru. 

Kolam Khusus Muslimah

Oiya buat kalian para muslimah yang ingin berenang tanpa takut bercampur dengan bukan muhrim atau lawan jenis, di kolam renang ini juga menyediakan kolam renang khusus muslimah. Areanya tertutup dan hanya wanita saja yang bisa masuk. 

Setelah lelah berenang dan bermain dengan anak anak, langsung deh istirahat di saung saung yang tersedia di sekitar kolam renang. Kalau bawa makanan sendiri, bisa juga disantap disana atau kalau pesan makanan ada juga loh seperti pecel, bakso, soto, mie gelas, teh manis, teh gelas, jus dan lainnya.

Buat anda yang mau melakukan pertemuan, the forest island juga menyediakan tempat pertemuan yang dilengkapi dengan kursi dan meja serta kelengkapan lain seperti stand white screen.

Hal paling mengasyikan dari the forest island adalah adanya taman di sebelah barat kolam, cukup luas, disana dinosaurus figure yang bisa digerakkan manusia. Cocok nih buat, keluarga terutama anak anda.

Selain kolam renang dan taman, masih dalam satu komplek sama dengan dengan The Forest Island, juga terdapat kafe yang sepertinya buka kalau malam. Ada juga hotel atau penginapan khusus buat pengunjung dari luar Purwokerto atau dari dalam kota Purwokerto yang mau menginap dengan fasilitas kolam renang khusus pengunjung pengunjing di lokasi penginapan.

Harga Tiket

Untuk menikmati wahana kolam renang dengan berbagai fasilitasnya, anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000,00. Saran kami ketika datang waktu akhir pekan, sebaiknya sepagi mungkin, kurang lebih jam 8 pagi, karena pengunjung yang datang dibatasi.

Kesan Kesan

Untuk kami sebagai orang sih, cukup nyaman ketika mendampingi anak menghabiskan waktu sejenak bermain air. Dari segi keamanan juga sepertinya cukup aman, barang-barang kami tinggal di saung-saung juga masih tetap ada dan aman. Wahana yang ada juga menarik, ada bermacam-macam, jadi rekomended lah kalau buat keluarga. Kalau anak-anak, sepertinya sangat suka,baik itu anak yang besar atau yang kecil. Meskipun sudah berenang cukup lama, ketika kami minta berhenti untuk mandi dan siap-siap pulang, mereka menolak. ketika dibilang bagaimana kalau berenang lagi di the forest island? Mereka langsung semangat mengiyakan, tidak menolak berarti oke juga buat anak-anak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar