--> Skip to main content

Serunya Lebaran Betawi, Acara Tahunan Untuk Mengingat Kembali Budaya Betawi

Pernah dengar lebaran Betawi? Bukan lebaran idul fitri/ lebaran haji, lebaran betawi, apaan ya? Ya hari ini pas masuk kantor, ada teman sekantor cerita, kalau hari minggu kemarin habis datang ke acara lebaran betawi 2019 bersama keluarga. Acaranya sangat seru, banyak sekali pengunjung yang datang sampai hampir tidak bisa jalan. Apalagi dalam acara ada bagi-bagi makanan gratis, Kayaknya seru sekali.

Penasaran seperti apa sebenarnya lebaran betawi, akhirnya saya browsing lah di youtube dengan keyword lebaran betawi 2019? Dari kanal youtube, diperoleh beberapa channel yang mengulas mengenai lebaran betawi. Rata-rata di rangking atas adalah channel youtube milik Media Nasional seperti SCTV, iNews, Berita Satu, KompasTV, CNN Indonesia.
lebaran betawi tahun 2019

Lebaran Betawi memang sebagai agenda resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dimaksudkan untuk menggugah kembali ingatan mengenai budaya Betawi kepada masyarakat. Selain itu, adanya event tahunan di Jakarta ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan budaya betawi kepada seluruh warga Ibukota. Setiap tahun rutin pemerintah DKI Jakarta memang rutin menggelar acara tahunan seperti Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng dan Pekan Raya Jakarta.

Agar budaya Betawi tidak hilang ditelan zaman, setiap wilayah di DKI Jakarta menampilkan budaya betawi ke tengah-tengah masyarakat melalui even lebaran betawi. Ada bermacam penampilan menarik yang ditampilkan oleh tiap stand yang mewakili 6 kotamadya yang ada di wilayah di Jakarta. Selain kotamadya, ada juga penampilan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Jakarta.

Ada yang menampilkan bangunan rumah betawi jaman dahulu, ada yang menampilkan tarian betawi, lenong, seni pencak silat, beladiri khas betawi, hadroh, ondel ondel, mobil opelet. Kalau pakaian khas Betawi, kayaknya semua panitia mengenakan pakaian Betawi.

Satu lagi, makanan khas betawi Jakarta ini wajib ada di setiap pagelaran lebaran Betawi seperti kerak telor, roti buaya, wedang bajigur. Apakah makanan hanya ditampilkan saja? Ternyata, ada makanan gratis yang dibagikan untuk para pengunjung yang hadir tanpa syarat, seru banget kan.

Acara lebaran Betawi tahun 2019 sendiri digelar di silang Monas Jakarta. Di tahun yang ke 11 ini, lebaran Betawi semakin ditunggu tunggu oleh masyarakat. Tidak heran sejak acara dibuka pada hari pertama, masyarakat berduyun duyun datang ke lokasi. Meskipun cuaca Jakarta sedang panas-panasnya, namun tidak mengurangi antusiasme masyarakat  dalam berpartisipasi pada acara itu.

Asal Usul Lebaran Betawi

Telusur punya telusur, lebaran Betawi di era modern telah ada sejak tahun 2008. Ternyata lebaran Betawi telah ada sejak dulu kala. Sejak dulu masyarakat Betawi selalu merayakan lebaran setiap tahun. Mereka saling mengunjungi satu sama lain sehingga aktivitas saling berkunjung ini menjadi tradisi. Karena pada saat lebaran, sudah pasti berbagai makanan yang disajikan pun pada lebaran betawi dahulu adalah makanan khas lebaran, sumber: metro.sindonews.com

Karena semakin kesini, tradisi saling berkunjung semakin jarang dilakukan, apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, tentu kehadiran even lebaran Betawi akan mengingatkan kembali tradisi yang sarat dengan nilai moral tinggi agar terus dilestarikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar